15+ Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris untuk Anak SD Mudah dan Singkat

Salah satu materi pelajaran bahasa Inggris yang terkesan simple namun sangat berguna dalam konteks kehidupan yakni belajar materi perkenalan diri dalam bahasa Inggris. Terlebih untuk para pelajar yang masih dalam tahap dasar seperti siswa SD, ketrampilan memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris akan mampu melatih rasa percaya diri dan kemampuan sosial mereka.

Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris untuk Anak SD
Image by jcomp on Freepik


Dalam situasi sehari-hari contohnya, anak SD kerap kali dihadapkan pada momen di mana mereka perlu memperkenalkan diri, baik pada lingkup formal seperti di sekolah, tempat les, ataupun dalam situasi casual seperti interaksi dengan teman ataupun di media sosial dengan orang dari berbagai negara.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, kali ini kita akan membahas contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris untuk anak SD yang baik, mudah dimengerti, dan tentunya tidak bertele-tele.


Bagian-Bagian Penting dalam Perkenalan Diri

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris pada umumnya memiliki struktur yang sederhana dan terdiri dari beberapa bagian utama. Bagian-bagian ini memberikan informasi dasar tentang data atau info diri kamu, seperti nama, usia, kelas, dan minat. 

Berikut adalah beberapa bagian penting dalam perkenalan diri yang sebaiknya disertakan untuk kamu sebagai anak SD, agar perkenalan diri kamu singkat, mudah dipahami dan diingat:

1.    Nama (Name) 

Memperkenalkan diri umumnya selalu dimulai dengan menyebutkan nama agar orang lain tahu siapa kamu dan harus memanggil kamu apa saat berinteraksi. Contohnya:  

"My name is...," atau bisa juga "I am..." 

Contoh:  

"My name is Dona." 

"I am Dona."

2.    Usia (Age)

Setelah memperkenalkan nama, kamu dapat menyebutkan usia.

"I am ... years old."

Contoh:

"I am 8 years old."

"I’m 10 years old."

3.     Kelas dan Sekolah (Grade and School)

Bagian ini menambahkan informasi tentang jenjang pendidikan kamu. Dalam konteks perkenalan diri di sekolah, hal ini sangat relevan, terutama ketika bertemu teman-teman baru atau guru baru. Kamu bisa menyebutkan kelas dan nama sekolah.

"I am in ... grade at ... School."

Contoh:

"I am in the 4th grade at Tunas Bangsa Elementary School."

"I am in the 5th grade at SD Cahaya Bangsa."

4.    Hobi atau Minat (Hobbies or Interests)

Menyebutkan hobi atau minat adalah cara terbaik untuk menunjukkan kepribadian dan membuka topik obrolan dengan orang yang memiliki minat yang sama. 

"My hobby is...," atau "My hobbies are...,"

"I like..." atau "I enjoy..."

Contoh:

"My hobbies are playing football and watching movies."

"I enjoy playing online games, like Free Fire."

"I like drawing and swimming."

5.     Tempat Tinggal (Hometown or Residence)

Menyebutkan tempat tinggal juga bisa menjadi bagian dari perkenalan diri, terutama saat bertemu dengan orang baru dari daerah yang berbeda.

"I live in...,"

Contoh:

"I live in Surabaya."

"I live in a small town called Trenggalek."

6.    Keluarga (Family) – Opsional

Terkadang, menyebutkan keluarga juga bisa menjadi bagian dari perkenalan diri, terutama untuk anak-anak yang bangga dengan keluarga mereka atau saat konteks sosialnya sesuai. Namun, ini sifatnya opsional dan tidak wajib.

"I have ... brothers and ... sisters," atau "I have a big family,"

Contoh:

"I have one brother and one sister."

"I have a big family. We live together in Jakarta."

7.    Menutup Perkenalan (Closing Statement)

Setelah menyampaikan informasi dasar, sebaiknya kamu menutup perkenalan dirimu dengan kalimat yang sopan dan ramah, seperti:

"Nice to meet you," atau "Thank you,"

Contoh:

"Nice to meet you all!"

"Thank you for listening."

"I appreciate your attention."


Contoh Kalimat Perkenalan Diri Sederhana dalam Bahasa Inggris untuk Anak SD

Untuk mempermudah kamu dalam mempelajari perkenalan diri dalam bahasa Inggris yang sederhana dan mudah dipahami serta diingat, berikut ContohText berikan beberapa kalimat yang akan membantu kamu memahami bagaimana menyusun kalimat perkenalanmu sendiri dengan benar, sehingga bisa kamu gunakan untuk tugas ataupun dalam situasi sehari-hari.

1.    Perkenalan Diri Dasar Singkat

Perkenalan dasar ini mencakup informasi yang paling mendasar dari diri kamu, seperti nama, usia, dan kelas saja. Jadi, wajar saja kalau perkenalan semacam ini lumayan singkat dan mudah.

Contoh:

"Hello, my name is Anisa. I am 8 years old. I am in the 2nd grade at SDN 1 Harapan Bangsa." (Halo, nama saya Anisa. Aku berusia 8 tahun. Saya kelas 2 di SDN 1 Harapan Bangsa)

Contoh:

"Hi, I am Lukman. I am 9 years old and I am in the 3rd grade at SD Pelita Jaya." (Hai, Saya Lukman. Saya umur 9 tahun dan saya kelas 3 di SD Pelita Jaya.)

2.    Perkenalan Diri dengan Hobi

Selain mencakup informasi dasar seperti nama, usia, dan kelas, kamu juga bis menambahkan tentang hobi dan minat kamu. Memberikan informasi mengenai hobi atau minat bisa membantu memperluas percakapan karena hobi adalah salah satu aspek yang sering menjadi topik obrolan. Dan bisa juga membantu kamu dalam menemukan teman dengan minat yang sama.

Contoh 1:

"Hi, my name is Maya. I am 9 years old. I am in the 4th grade at SD Bintang Jaya. I like dancing and playing badminton." (Hai, nama saya Maya. Usia saya 9 tahun. Saya kelas 4 di SD Bintang Jaya. Saya suka menari dan bermain bulutangkis.)

Contoh 2:

"Hello, I am Rafael. I am 7 years old and I am in the 1st grade. I love to play football games and watch anime." (Halo, saya Rafael. Saya berusia 7 tahun dan saya duduk di bangku kelas 1 SD. Saya suka bermain game sepakbola dan menonton anime.) 

3.    Perkenalan Diri yang Mencakup Informasi tentang Tempat Tinggal

Terkadang, kamu bisa menambahkan tempat tinggal menjadi bagian dari perkenalan diri, terutama jika kamu berada di lingkungan baru atau bertemu dengan teman-teman dari daerah yang berbeda. 

Contoh 1:

"Hello, my name is Wawan. I am 8 years old. I live in Jakarta and I go to SD Cahaya Bangsa. I like playing games and riding my bike." (Halo, nama saya Wawan. Saya berumur 8 tahun. Saya tinggal di Jakarta dan saya bersekolah di SD Cahaya Bangsa. Saya suka main game dan bersepeda.)

Contoh 2:

"Hi, I am Ayu. I am 9 years old and I live in Surabaya. I love drawing and playing with my friends." (Hai, saya Ayu. Usia saya 9 tahun dan saya tinggal di Surabaya. Saya suka menggambar dan bermain dengan teman-teman.)

4.    Perkenalan Diri yang Menyebutkan Keluarga

Perkenalan diri juga bisa mencakup informasi tentang keluarga, terutama jika kamu ingin berbagi lebih banyak tentang kehidupan pribadi kamu dengan teman-temanmu. 

Contoh 1:

"Hi, my name is Andi. I am 10 years old. I live in Tulungagung. I have one older brother and one little sister. I love to play volleyball." (Hai, nama saya Andi. Saya berumur 10 tahun. Saya Tinggal di Tulungagung. Saya punya satu kakak laki-laki dan satu adik perempuan. Saya suka bermain bola voli.)

Contoh 2:

"Hello, I am Dina. I am 7 years old. I have two brothers. I live in Kediri and I like to help my mother bake." (Halo, saya Dina. Saya berusia 7 tahun. Saya punya dua saudara. Saya tinggal di Kediri dan saya suka menolong ibu membuat kue.)

5.    Perkenalan dengan Penutup yang Santun dan Ramah

Selain memberikan informasi dasar, kamu perlu menutup perkenalan dengan kata-kata yang ramah, seperti "Nice to meet you" atau "Thank you." Hal ini bisa membuat perkenalan diri kamu terkesan lebih sopan dan ramah.

Contoh 1:

"Hello, my name is Maria. I am 9 years old. I live in Semarang. My hobbies are swimming and playing the piano. Nice to meet you!" (Halo, nama saya Maria. Saya berusia 9 tahun. Saya tinggal di Semarang. Hobi saya berenang dan bermain piano.)

Contoh 2:

"Hi, I am Daniel. I am 8 years old. I live in Bali. I love drawing and riding my bike. Thank you for listening!" (Hai, saya Dainel. Saya umur 8 tahun. Saya tinggal di Bali. saya suka menggambar dan mengendarai sepeda.)


Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris untuk Anak SD yang Lebih Bervariasi

Selain pola perkenalan diri di atas, kamu juga bisa menggunakan pola perkenalan diri bahasa Inggris di bawah ini kalau ingin perkenalan yang lebih bervariasi dan terlihat kreatif.


Hello friends. Let me introduce myself. My name is Zahra Permata. I’m from Bogor, West Java. Nice to meet you. Thank you!  (Halo teman-teman. Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama Zahra Permata. Saya dari Bogor, Jawa Barat. Senang bertemu kalian. Terima kasih!)

Good day, everyone! My full name is Fadil Putra, you can call me Fadil and I currently live in Bandung. (Selamat siang, semuanya! Nama lengkap saya Fadil Putra, kalian bisa memanggil saya Fadil dan saya saat ini tinggal di Bandung.)

Hi guys, I hope you’re all doing well. My name is Fajrul Ilham and I come from Tangerang. (Hai semuanya, saya harap kalian semua baik-baik saja. Nama saya Budi Hermawan dan saya berasal dari Medan.)

Hello friends, it’s a pleasure to meet you. I’m Guntur Mahendra and I hail from Lampung. (Halo teman-teman, senang rasanya bertemu kalian. Saya Guntur Mahendra dan berasal dari Medan.)

Hi mates, I want to introduce myself, I’m Juna Febrianto, just call me Febri. Currently I live in Malang, East Java. Nice to meet you all. (Hai teman-teman, saya ingin memperkenalkan diri, saya Juna Febrianto, panggil saja saya Febri. Saat ini saya tinggal di Malang, Jawa Timur. Senang bertemu dengan kalian semua.)

Hi, everyone! I would like to introduce myself. My name is Fira Aulia, people usually call me Aul. I live in Surabaya. My hobby is reading book and listening to the music. Glad to see you!  (Halo, semuanya! Saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Fira Aulia, orang-orang biasa memanggilku Aul. Saya tinggal di Surabaya. Senang bertemu dengan kalian semua!)

I’d like to introduce myself. My name is Mira Salsabila. You can call me Salsa. I have one older brother and I’m the second child in my family. I am 8 years old. Currently, I live in Yogyakarta. I really love dancing. Nice to meet you!  (Selamat pagi semuanya! Saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Mira Salsabila. Kalian bisa memanggil saya Salsa. Saya memiliki seorang saudara laki-laki dan saya adalah anak kedua dalam keluarga saya. Saya berusia 8 tahun. Saat ini, saya tinggal di Yogyakarta. Saya sangat suka menari. Senang berkenalan dengan kalian!)

Hi there, it’s nice to meet you all. I’m standing here to introduce myself. My name is Daffa Wijaya and I come from Surabaya. I like to play chess. Thank you for your attention. (Hai, senang bertemu dengan kalian semua. Nama saya Daffa Wijaya dan saya berasal dari Surabaya. Saya suka bermain catur. Terima kasih atas perhatiannya.)


Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris untuk Anak SD Baru Pindah Sekolah

"Hello everyone, my name is Rizky Putra. I am 9 years old and I just moved here from Jakarta. I am in the 4th grade. I like playing basketball. I hope we can be friends!" (Halo semuanya, nama saya Rizky Putra. Saya berusia 9 tahun dan baru pindah ke sini dari Jakarta. Saya kelas 4 SD. Saya suka bermain bola basket.)

"Hi, I am Aulia Ramadhani. I am 10 years old. I just moved to this school from Bandung. I am in the 5th grade. I love drawing and posting it on TikTok. Nice to meet you all!" (Hai, saya bernama Aulia Ramadhani. Saya berusia 10 tahun. Saya baru pindah ke sekolah ini dari Bandung. Saya kelas 5 SD. Saya suka menggambar dan mengunggahnya ke TikTok. Senang rasanya bertemu kalian semua!)

"Hello everyone, my name is Fajar Nugroho. I am 8 years old and I just moved here from Surabaya. I am in the 3rd grade. I really like riding my bike and playing video games. I’m excited to be in this school!" (Halo semuanya, nama saya Fajar Nugroho. Saya berusia 8 tahun dan baru saja pindah ke sini dari Surabaya. Saya duduk di bangku kelas 3 SD. Saya sangat suka bersepeda dan bermain video game. Saya senang bisa bersekolah di sini!)

"Hi, my name is Nadia Amira. I am 9 years old. I used to go to SD Bintang Jaya in Yogyakarta, but now I moved here. I love playing badminton on the weekend. I’m happy to meet new friends here!" (Hai, nama saya Nadia Amira. Saya berumur 9 tahun. Saya dulu bersekolah di SD Bintang Jaya di Yogyakarta, tapi saat ini saya pindah ke sini. Saya suka bermain bulutangkis di akhir pekan. Senang rasanya bertemu teman-teman baru di sini!) 

"Hello, I am Rafa Pratama. I am 10 years old. I just moved here from Bali with my family. I have one brother and one sister. I enjoy reading comic books and watching anime. I hope to have fun with you all!" (Halo, saya Rafa Pratama. Saya berumur 10 tahun. Saya baru pidah dari Bali ke sini bersama keluarga. Saya punya seorang saudara dan seorang saudari. Saya suka membaca buku komik dan menonton anime. Saya harap kita bisa seru-seruan bersama!)

"Hello, everyone. My name is Johan. Most of my friends call me Jo. I am 8 years old. Previously, I studied at Pelita Bangsa 1. My favorite subject is P.E. I love Physical Education because it is fun. My hobby is playing football. I hope I can be a profesional footballer in the future. I sincerely appreciate your attention." (Halo, semuanya. Nama saya Johan. Kebanyakan teman saya memanggilku Jo. Saya berumur 8 tahun. Sebelumnya, saya sekolah di SD Pelita Bangsa 1. Pelajaran favorit saya adalah pelajaran PJOK. Saya suka pelajaran ini karena menyenangkan. Hobi saya yaitu bermain sepak bola. Saya berharap nanti saya bisa menjadi pesepak bola profesional. Terimakasih banyak atas perhatian kalian.)