Contoh Recount Text Cerita Idul Kurban dan Terjemahannya

Idul Adha atau Idul kurban merupakan salah satu momen berkesan bagi umat Islam karena pada momen inilah mereka yang memiliki rejeki lebih bisa berbagi ke saudara-saudara kita yang membutuhkan. Di hari raya ini kita merasakan kebersamaan dan tentunya semua bisa menikmati daging kurban.

Contoh Recount Text Cerita Idul Kurban
Image by YusufSangdes on Freepik


Oleh karena itu, tentu tak heran jika Idul Kurban atau Idul Adha menjadi salah satu momen perayaan dan hari libur yang berkesan bagi siswa sekolah. Tak jarang juga momen liburan Idul Kurban ini dijadikan sebagai topik penulisan untuk tugas sekolah, seperti recount text.

Nah, buat kamu yang kebetulan sedang mencari contoh recount text cerita Idul Kurban atau Idul Adha, kebetulan sekali karena kali ini ContohText akan memberikan contoh recount text cerita Idul Adha yang bisa dijadikan referensi untuk penulisan tugas.


Contoh Recount Text Cerita Idul Kurban 1

Celebrating Eid al-Adha at My Father’s Hometown

Last Eid al-Adha holiday was different because it was celebrated at the end of the semester holiday. So, my father invited us to celebrate it in his hometown, Tulungagung, East Java.

I was so excited because I wanted to see the celebration of Eid al-Adha there. The sacrificial animal process in my father's village felt so different from the city, and the sense of togetherness was palpable. I was still in kindergarten the last time I was there, so I barely remember it.

Fortunately, my father could get permission to leave work early, so our whole family could depart a day before Eid al-Adha. We traveled by car. I sat in the backseat while my parents sat in the front.

It took us about 5 hours to get there. Because of the long journey, I brought plenty of snacks, but before I could eat them, I ended up falling asleep in the car.

We finally arrived at my father's hometown in the late afternoon. The mosque near my uncle's house was already chanting Takbir because tomorrow morning we would do Eid prayer.

The next morning, after dawn prayers, I took a shower and got ready to participate in the Eid al-Adha prayer at the town field. The atmosphere was truly different from my home in the city. On the way to the field, I saw the cows and goats that were going to be sacrificed. They were quite big and healthy.

After the Eid al-Adha prayer, I changed my clothes and witnessed the sacrificial ceremony. Fortunately, there were many of my father's relatives present. The most anticipated moment was after the sacrifice when the locals cooked the meat into a Javanese stew. Our family joined in and had the meal together with the people there.

This was my experience in my father's hometown during Eid al-Adha. Additionally, I got to visit some tourist spots there, and time just flew by. After three days, we finally bid farewell and headed back home. It was so much fun and I hope I can visit there again next year.


Terjemahan

Merayakan Idul Adha di Kampung Halaman Ayahku

Libur Idul Adha kemarin berbeda karena dirayakan pada libur akhir semester. Jadi, ayah saya mengajak kami untuk merayakannya di kampung halamannya, Tulungagung, Jawa Timur.

Saya sangat senang karena saya ingin melihat perayaan Idul Adha di sana. Proses penyembelihan hewan kurban di kampung ayah saya terasa begitu berbeda dengan di kota, dan rasa kebersamaannya sangat terasa. Terakhir kali saya ke sana, saya masih TK, jadi saya hampir tidak mengingatnya.

Untung ayah saya bisa izin pulang kerja lebih awal, sehingga kami sekeluarga bisa berangkat sehari sebelum Idul Adha. Kami bepergian dengan mobil. Saya duduk di kursi belakang sementara orang tua saya duduk di depan.

Kami membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk sampai ke sana. Karena perjalanan jauh, saya membawa banyak makanan ringan, tetapi sebelum saya sempat memakannya, saya akhirnya tertidur di dalam mobil.

Kami akhirnya tiba di kampung halaman ayah saya pada sore hari. Masjid dekat rumah paman saya sudah takbir karena besok pagi kami akan sholat Id.

Keesokan paginya, setelah sholat subuh, saya mandi dan bersiap-siap untuk mengikuti sholat Idul Adha di lapangan kota. Suasananya benar-benar berbeda dengan rumah saya di kota. Dalam perjalanan ke lapangan, saya melihat sekilas sapi dan kambing yang akan dikorbankan. Mereka cukup besar dan sehat.

Usai sholat Idul Adha, saya berganti pakaian dan menyaksikan prosesi kurban. Untungnya, ada banyak saudara ayah saya yang hadir. Momen yang paling dinantikan adalah setelah kurban, ketika warga setempat memasak daging menjadi gulai. Keluarga kami ikut dan makan bersama dengan warga di sana.

Ini pengalaman saya di kampung halaman ayah saya saat Idul Adha. Selain itu, saya harus mengunjungi beberapa tempat wisata di sana, dan waktu berlalu begitu saja. Setelah tiga hari, kami akhirnya pamit dan kembali pulang ke rumah. Itu sangat menyenangkan dan saya harap saya bisa berkunjung ke sana lagi tahun depan.



Contoh Recount Text Cerita Idul Kurban 2

My Eid al-Adha Holiday

A few years ago, which was in 2021, I participated in sacrificial activities at the local Great Mosque after performing the Eid al-Adha prayer with my family. It was my first time joining this event, and I felt delighted witnessing the Eid al-Adha rituals firsthand.

My father and I went home first to change our clothes. We had breakfast first with the meal prepared by my mother. Then, we hurriedly went to the mosque to witness the sacrifice of the sacrificial animals.

There were many people there, even though we had to maintain distance due to the ongoing Corona pandemic. We all wore masks to prevent the spread of the virus.

Eid al-Adha teaches us the importance of helping one another, being willing to sacrifice, and not being selfish. There were community members that helped in wrapping and distributing the meat to those in need. This exemplifies the love and care we should have for one another. 

The experience of participating in Eid al-Adha activities has taught me how to foster good relationships with others and strengthen my devotion and faith in Allah SWT.


Terjemahan

Liburan Idul Adha ku

Beberapa tahun yang lalu, yaitu tahun 2021, saya mengikuti kegiatan kurban di Masjid Agung terdekat setelah menunaikan sholat Idul Adha bersama keluarga. Ini adalah pertama kalinya saya mengikuti acara ini, dan saya merasa sangat senang menyaksikan kegiatan Idul Adha secara langsung.

Ayah saya dan saya pulang dulu untuk berganti pakaian. Kami sarapan dulu dengan makanan yang disiapkan oleh ibu saya. Lalu, kami bergegas pergi ke mesjid untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban.

Ada banyak orang di sana, meskipun kami harus menjaga jarak karena pandemi Corona yang sedang berlangsung. Kami semua memakai masker untuk mencegah penyebaran virus.

Idul Adha mengajarkan kita pentingnya saling membantu, rela berkorban, dan tidak egois. Ada anggota masyarakat yang membantu membungkus dan membagikan daging kepada mereka yang membutuhkan. Ini mencontohkan cinta dan perhatian yang harus kita miliki satu sama lain.

Pengalaman mengikuti kegiatan Idul Adha telah mengajarkan saya bagaimana membina hubungan baik dengan sesama dan mempertebal ketakwaan dan keimanan saya kepada Allah SWT.


OK, itulah tadi contoh recount text cerita Idul Kurban beserta dengan terjemahannya untuk membantu kamu lebih memahaminya, dan semoga bisa membantu kamu dalam mengerjakan tugas bahasa Inggris recount text.